Get To Freedom Information And Business :

Advertise

Home » » TAFSIR YASIN

TAFSIR YASIN

Sunday, April 7, 2013 | 0 comments


Assalamu’alaikum wr wb.
Salam silaturrahmi kepada Semua Saudaraku Pembaca Blog ABDULLAH SYSTEM.
Kali ini saya akan menyampaikan apa maksud dari YASIN, ayat ke satu dari surat yasin? Sebagai tambahan pengetahuan yang mudah-mudahan menjadikan lebih terbukanya hati kita akan hikmah al-qur’an yang mulia. Keterangannya saya ambilkan dari kitab klasik pesantren (kitab kuning) yaitu kitab tafsir yasin.
Apa makna YAASIIIIIIN (Sengaja saya tulis YAA karena dalam tajwid dibaca 2 harakat atau 1 alif. Dan saya tulis SIIIIIIN, memakai I enam kali, karena dibaca mad lazim harfi mukhoffaf yang wajib 6 harakat atau 3 alif)? Jawabannya, hanya ALLAH-lah yang paling tahu maksud sebenarnya. Tetapi ada lima pendapat disampaikan ulama tafsir untuk sedikit membuka tabir itu. Tentunya kelima pendapat itu tidak asal-asalan dan pastinya mempunyai dalil yang kuat.
1. YASIN adalah singkatan YA INSAANU. Artinya, Wahai Manusia. Yang dipanggil adalah Nabi Muhammad SAW. Jadi maksudnya adalah “Wahai Muhammad..!”. Dan panggilan itu akan kita fahami dengan sempurna dengan melihat ayat selanjutnya.
“Wahai Muhammad..! Demi al-qur’an yang penuh hikmah. Sungguh, engkau termasuk dari para rasul”
2.YASIN adalah singkatan YAA SAYYIDAL MURSALIIN. Artinya, Wahai Pemimpin Para Rasul (para utusan Allah SWT). Ini juga panggilan atau sapaan kepada Nabi Muhammad SAW.
3. YASIN adalah salah satu nama dari al-qur’an.
4. YASIN adalah nama salah satu surat dari al-qur’an.
5. YASIN adalah salah satu nama dari nama-nama ALLAH.
ALLAH itu mempunyai 4000 nama. 1000 nama tidak ada yang mengetahuinya kecuali DIA sendiri. 1000 nama lagi tidak ada yang mengetahuinya kecuali para malaikat. 1000 nama lagi tersimpan di dalam LAUH MAHFUDZ. 300 nama disebutkan di dalam kitab injil. 300 nama di dalam kitab taurat. 300 nama lagi di dalam kitab zabur. Masih sisa seratus. Nah 100 nama ALLAH ini disebutkan di dalam kitab suci kita al-qur’an. Dari 100 itu, 99 nama-NYA telah kita kenal sebagai ASMA’UL HUSNA. Tinggal satu saja yang terakhir. Satu itu disebut dengan ISMUL A’DZOM yang berarti Nama Yang Teragung. Tidak ada yang mengetahuinya dengan pasti kecuali para nabi dan rasul. Tapi yang jelas, satu itu tersebut di dalam al-qur’an. Dan banyak sekali pendapat ulama mengenai ISMUL A’DZOM ini.
Mudah-mudahan menambah pengetahuan kita yang bermanfaat dan barokah.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2018. ABDULLAH SYSTEM - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger